Berikut 5 Panduan Mudah Beli Rumah Baru!


Berikut 5 Panduan Mudah Beli Rumah Baru! - Mampu membeli rumah sendiri memiliki kebanggaan tersendiri. Siapa sih yang tidak bangga mampu membeli rumah sendiri? Hampir semua orang memiliki impian untuk memiliki rumah sendiri. Oleh karena itu, tak jarang mereka akan menabung mati-matian demi membeli rumah impian mereka.

Membeli rumah sendiri sebenarnya mudah-mudah susah. Perlu ketelitian dan pertimbangan yang cukup sebelum memutuskan untuk membeli rumah, apalagi bagi anda yang baru pertama kali membeli rumah.

Nah, agar proses pembelian rumah pertama lancar tanpa kendala, baik itu rumah sudah jadi ataupun rumah yang masih dibangun, yuk simak panduan berikut ini.


Berikut 5 panduan mudah beli rumah baru

1. Gunakan jasa agen properti

Apabila anda kurang mengerti masalah properti, tidak ada salahnya memercayakan pembelian rumah pertama anda pada agen properti profesional. Selain membantu mencarikan rumah yang sesuai dengan keinginan anda, agen properti juga bisa menjadi tempat konsultasi bagi anda dan dapat membantu anda dalam mengambil keputusan yang tepat.

2. Cek pekerjaan kontraktor

Biasanya developer-developer besar yang profesional dan berpengalaman pasti sudah pernah membangun perumahan berskala besar. Namun tidak semua pengembang besar telah teruji kredibilitasnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika anda mengecek langsung hasil kerja mereka. Anda juga bisa mengecek legalitas dari kontraktor tersebut. Jika tidak sempat, anda juga bisa menanyakan secara langsung kepada konsumen sebelumnya.

3. Kenali lingkungan sekitar

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli rumah di daerah yang anda pilih, pastikan untuk mencari tahu dahulu secara detail mengenai area tersebut. Cari tahu bagaimana lingkungan hidup disana seperti kebersihan, budaya hidup, hingga tingkat kriminalitas di daerah tersebut. Anda bisa menanyakan kepada tetangga sekitar ataupun mengunjungi langsung lokasi tersebut.

4. Pahami denah ruang

Pada umumnya, pihak pengembang akan memberitahukan dahulu bagaimana pemetaan denah ruang di rumah tersebut. Pastikan anda mengetahui bagaimana rincian ukuran ruangan agar dapat menyiapkan kebutuhan di ruangan tersebut dengan tepat.

Sekarang juga sudah banyak pengembang yang menawarkan fasilitas virtual reality. Dengan begitu, anda bisa menjelajahi rumah tersebut meskipun bangunan belum siap dibangun dan anda juga tidak perlu datang ke lokasi secara langsung.

5. Tanyakan perihal garansi


Biasanya pihak pengembang akan memberikan jaminan garansi bahan bangunan dan pekerjaan setidaknya selama 3 bulan. Nah, biasanya masalah-masalah rumah yang baru dibangun akan terlihat jika memasuki musim hujan. Oleh karena itu, anda harus memastikan dahulu kepada pihak pengembang mengenai resiko kerusakan jika musim hujan  berlangsung setelah melewati masa garansi 3 bulan.

Postingan populer dari blog ini

Kota Moskow, Rumahnya Gedung Pencakar Langit di Eropa

Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya