Begini Tips Agar Cicilan KPR Kamu Lebih Cepat Lunas


Membeli rumah dengan mencicil lewat KPR memang memerlukan waktu untuk berpikir. Hal tersebut memang tidak salah mengingat banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dahulu sebelum memutuskan untuk membeli rumah dengan KPR.

Tak hanya itu, membeli rumah dengan KPR juga memerlukan komitmen yang tinggi karena tenor waktu cicilan terbilang lama yaitu mulai dari 5 hingga 20 tahun. Tentu saja semakin pendek tenor waktu, maka semakin berat pula besar cicilan yang harus dibayarkan, Begitupula sebaliknya.

Nah, Seiring berjalannya waktu, pastinya anda ingin cepat terbebas dari cicilan yang tiap bulan menghampiri, apalagi kalau tenor waktunya lama. Oleh karena itu, jika kalian ingin cicilan KPR cepat lunas, yuk simak tips berikut!

1. Kurangi sisa pokok KPR

Salah satu cara yang dapat anda lakukan agar KPR cepat lunas adalah dengan cara mengurangi sisa pokok KPR. Caranya adalah dengan menambah simpanan tabungan anda menjadi dua kali lipat. Jika biasanya anda menyisihkan sepertiga penghasilan anda untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga penghasilan anda untuk membayar cicilan KPR.

Hal ini otomatis membuat biaya hidup anda harus terpotong. Namun jika cara ini anda terapkan secara rutin, dapat dipastikan cicilan KPR anda akan lunas lebih cepat dan anda menjadi lebih bebas tanpa jeratan cicilan yang tiap bulan menghampiri.

2. Pindah tangan ke bank syariah

Bank syariah sendiri menerapkan suatu sistem bernama Murabahah atau jula beli yang intinya adalah ketika anda melakukan take over atau pindah tangan KPR ke bank syariah, nominal angsuran bulanan anda menjadi tetap.

Ilustrasi perhitungan dapat dilihat di bawah ini dengan contoh marjin 6,9%.

Pengajuan kredit : Rp200.000.000 (marjin 6,9%, tenor waktu 10 tahun)
Keuntungan bank : 6,9% x 10 x Rp200.000.000 = Rp138.000.000
Total KPR : Rp200.000.000 + Rp138.000.000 = Rp338.000.000
Angsuran Bulanan : total KPR / 120 bulan = Rp2.816.667

Nah, kesimpulannya adalah jika melalui cara berpindah tangan ke bank syariah, tentu anda akan mendapatkan angsuran perbulan yang lebih ringan. Tak hanya itu, anda juga bisa menghitung ulang komposisinya agar angsuran bulan lebih ringan dan tentunya mempercepat pelunasan KPR rumah anda. Biasanya proses take over juga dikenai biaya dan penalti sebesar 1% dari sisa pokok.

3. Kombinasi cara pertama dan kedua

Cara terakhir yakni dengan menggabungkan kedua cara diatas. Otomatis angsuran akan lebih ringan dan masa cicilan akan lebih cepat lunas.

Postingan populer dari blog ini

Berikut 5 Panduan Mudah Beli Rumah Baru!

Kota Moskow, Rumahnya Gedung Pencakar Langit di Eropa

Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya