3 Tips Mengatasi Rasa Bosan Akibat Karir Stagnan


Karir mengalami kemajuan dan naik jabatan merupakan hal yang diinginkan setiap karyawan. Sayangnya tak sedikit orang yang masih tidak mendapatkan promosi atau naik jabatan meskipun sudah lama bekerja dan memiliki kinerja yang baik.

Orang-orang yang karirnya berjalan di tempat seringkali merasa bosan dan tidak termotivasi saat bekerja lebih keras. Di sisi lain, orang tersebut juga akan merasa ragu dengan pekerjaannya saat ini dan bingung apakah harus bertahan atau keluar dan mencari pekerjaan baru.

Ingat, mengambil keputusan mengenai karir memang bukanlah perkara mudah. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan agar tidak menyesal di kemudian hari. Lantas apa yang harus dilakukan ketika rasa bosan menyerang akibat karir yang berjalan di tempat?

Baca juga: Tips Agar Tetap Termotivasi Saat Ditolak Pekerjaan

Berikut 3 tips mengatasi rasa bosan akibat karir stagnan

Tetap bersyukur dan berpikiran positif

Untuk kalian yang mengalami karir stagnan, kurangilah mengeluh atau complain terhadap situasi karir anda. Hal tersebut malah dapat membuat anda semakin tidak termotivasi dan menjadi tidak produktif.

Cobalah untuk berpikiran positif dan bersyukur untuk hal kecil lainnya. Seperti anda yang masih memiliki pekerjaan dan sumber penghasilan. Bersyukurlah anda masih dipekerjakan di kondisi pandemi seperti sekarang ini yang dimana banyak pekerja yang di-PHK.

Dengan terus berpikiran positif dan bersyukur, anda bisa menjadi lebih semangat dalam bekerja untuk mencapai hasil yang maksimal.

Evaluasi karir anda

Jika merasa karir anda stagnan, maka anda perlu melakukan evaluasi karir. Anda bisa melakukan evaluasi karir secara bertahap dan terus-menerus. Lantas bagaimana cara melakukan evaluasi karir? Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri anda sendiri.

Berikut beberapa contoh pertanyaan yang bisa dijadikan evaluasi karir:

  • Apakah pekerjaan atau karir anda saat ini sudah sesuai dengan passion anda?
  • Apakah anda sudah melakukan yang terbaik? Sudahkah anda mengutarakan keinginan untuk promosi kepada atasan anda?
  • Selain kenaikan gaji, hal apa yang membuat anda termotivasi untuk naik jabatan?
  • Siapkah anda bersaing untuk mencari pekerjaan baru?
  • Bagaimana perkembangan karir yang anda inginkan dalam waktu 3-5 tahun kedepan?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, gunakan jawaban tersebut untuk membuat keputusan terkait karir anda. Pastikan juga untuk tidak membandingkan karir anda dengan karir orang lain.  Fokuslah untuk mencapai apa yang anda inginkan.

Update CV anda

Wajar jika anda merasa bosan dan merasa ingin resign ketika karir anda stagnan. Mengupdate kembali CV dan melihat-lihat lowongan pekerjaan baru bisa mulai anda lakukan. Namun pastikan untuk melakukan hal tersebut diluar jam kerja.

Usahakan untuk tidak gegahab dalam mengambil keputusan resign. Pastikan dahulu anda sudah menemukan pekerjaan di perusahaan baru yang sesuai dengan eskpektasi anda dan perkembangan karir yang menjanjikan.

Postingan populer dari blog ini

Berikut 5 Panduan Mudah Beli Rumah Baru!

Kota Moskow, Rumahnya Gedung Pencakar Langit di Eropa

Mau Bangun Rumah Minimalis? Ini Dia Perkiraan Biayanya